Cyber Ethic

    Halo, disini saya akan meresume materi/topik yang dibahas pada Senin, 2 Oktober 2023, Pukul 07:50 - 09:40 WIB, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Jember, yang disampaikan oleh Bapak Fahrobby Adnan S. Kom., M. MSI. Beliau merupakan dosen dan peneliti di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Jember


Perkembangan Teknologi

- Informasi bisa diakses 24 jam

- Biaya semakin murah dan bahkan gratis

- Kemudahan akses informasi dan melakukan transaksi

- Kemudahan membangun relasi

- Pengguna internet telah merambah ke segala penjuru

Dunia Maya

- Internet identik dengan cyberspace atau dunia maya

- Dysson (1994) mengemukakan bahwa cyberspace merupakan suatu ekosistem bioelektronik di semua tempat yang memiliki telepon, kabel coaxial, fiber optik atau elektromagnetik waves.

- Hal ini berarti bahwa tidak ada yang tahu pasti seberapa luas internet secara fisik.

- Pada masa lalu, Populasi pengguna internet terbatas pada orang-orang teknis, pengguna internet lebih mengerti aturan dan budaya meskipun tidak tertulis.

- Pada saat ini, Populasi pengguna internet semakin luas, berbagai macam budaya dan karakter pengguna, dan berbagai macam usia menggunakan internet.

Karakteristik Dunia Maya

Karakteristik dunia maya (Dysson : 1994) sebagai berikut:

1. Beroperasi secara virtual / maya

2. Dunia cyber selalu berubah dengan cepat

3. Dunia maya tidak mengenal batas-batas territorial

4. Orang-orang yang hidup dalam dunia maya tersebut dapat melaksanakan aktivitas tanpa harus menunjukkan identitasnya

5. Informasi di dalamnya bersifat publik

Netiquette / Netiket

    Kelompok kerja Responsible Use of the Network (RUN) Working Group yang merupakan bagian dari The Internet Engineering Task Force (www.ietf.org) menyusun sebuah dokumen tentang etika dalam internet (Requests for Comments (RFC) No. 1855)

    Petunjuk itu dikenal dengan nama Netiquette atau yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Netiket. Aslinya dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Sebelum internet lahir, kata netiquette tentu belum ada. Terdapat beberapa definisi tentang netiquette yaitu :

- Etika dalam menggunakan internet

- Aturan-aturan/kebiasaan/etika/etiket umum yang berlaku di seluruh dunia, sehingga para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di dunia maya ini

    Secara umum siapapun yang merasa menjadi bagian dari suatu komunitas di internet wajib untuk mematuhi kode etik yang berlaku di lingkungan tersebut. Pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk  bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat dan membantu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan orang lain.

Aturan Netiket

- Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun. Dihaarapkan untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapi bersikaplah saling membangun.

- Ikuti aturan seperti di kehirupan nyata saat online. Bersikap dan bertindak dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru-buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di internet datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu.

- Ingatlah dimana berada ketika sedang online. Netiket bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, diharapkan selalu bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikap kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika berada di suatu wilayah topik pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru-buru langsung mengirim komentar, tetapi mencoba untuk menangkap ide dari apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming.

- Hormatilah orang lain ketika anda sedang online. Posting dikirimkan group yang sesuai. Jika tidak dapat menemukan group yang sesuai dengan itu dan merasa bahwa posting itu harus dikirim, yakinkan bahwa subject dari posting sesuai dengan isi posting, sehingga orang lain tahu bahwa posting tidak mengganggu topik diskusi saat itu

Pentingnya Etika Dalam Dunia Maya

- Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.

- Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.

- Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak tidak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.

- Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya "penghuni" baru didunia maya tersebut

Freedom of Expression

- Hak atas kebebasan berekspresi adalah salah satu hak yang paling penting bagi orang bebas di manapun berada.

- Amandemen Pertama Konstitusi A.S. diadopsi untuk menjamin hak ini dan lainnya.

- Hak atas kebebasan berekspresi dibatasi bila ungkapan, baik lisan atau tulisan, tidak benar dan membahayakan orang lain. Membuat pernyataan lisan atau tertulis tentang dugaan fakta yang salah dan merugikan orang lain adalah penghinaan.


    Sekian hasil resume saya tentang materi Cyber Ethic, semoga hasil resume saya dapat bermanfaat, terima kasih.

Komentar